Pilihan Ban Offroad Yang Cocok Digunakan Pada Mobil SUV

  • Whatsapp

Kontur jalan yang ada di Indonesia sampai saat ini memang belum semuanya memadai. Beberapa jalanan seperti jalanan di daerah masih berupa jalan yang berbatu dan berlumpur. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa mobil SUV banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena mobil tipe ini mampu tetap nyaman meskipun digunakan ke jalur offroad.

Tentunya walaupun mobil tipe SUV ini kuat untuk melewati medan jalan yang cukup terjal, tetapi tetap ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar meningkatkan performa mobil tersebut. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pemilihan ban yang akan digunakan pada mobil tersebut.

Biasanya karena mobil SUV ini merupakan mobil yang bisa digunakan baik dijalan on road maupun dijalan offroad. Maka sebaiknya anda memilih jenis ban yang memang memiliki kecocokan untuk digunakan di dua jenis jalana tersebut. Pemilihan jenis ban tersebut dilakukan agar laju mobil lebih optimal.

Itu karena sebaik apapun kondisi mobil SUV yang anda miliki, performanya tidak akan maksimal jika tidak ditunjang dengan jenis ban yang benar. Tentunya saat memilih ban pun anda jangan hanya tertipu oleh tampilan ban yang tampak keren saja. Tetapi anda juga harus memikirkan apapkah jenis ban tersebut bisa mengoptimalkan kendaraan SUV yang akan anda gunakan nantinya.

Jenis ban yang cocok digunakan pada mobil SUV pun ada beberapa jenis. Namun secara umum ban yang cocok digunakan pada mobil SUV adalah ban jenis MT atau Mud terrain dan AT atau All Terrain. Kedua jenis ban ini merupakan jenis ban yang cocok baik untuk ban offroad maupun ban onroad.

Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara ban MT dan ban AT :

Ban MT (Mud Terrain)

Ban MT ini sebenarnya merupakan ban yang memang dibuat khusus untuk melewati jalur offroad. Itulah mengapa pada mobil SUV yang biasa digunakan di jalan yang memiliki kontur tidak rata ban ini sering menjadi solusinya. Ban MT ini juga memiliki Kembangan yang kasar sehingga bisa membantu memudahkan mobil saat melewati jalanan berbatu.

Namun sayangnya jika ban ini digunakan di jalanan beraspal biasanya ban ini akan meninggalkan bekas. Walaupun jalannya stabil tetapi mobil tetap tidak terlalu disarankan melewati jalanan aspal dengan menggunakan ban jenis ini, karena dikhawatirkan ban akan lebih cepat menipis.

Ban AT (All Terrain)

Ban jenis AT ini merupakan ban yang cocok baik digunakan pada jalan aspal maupun jalan yang masih berbatu. Saat melewati jalan aspal ban ini memiliki keseimbangan yang stabil begitu pula saat digunakan di jalan offroad ban ini tetap stabil dan tidak mudah selip.

Selain itu kelebihan lainnya pada ban AT ini yaitu suara gesekan bannya tidak terlalu bising dan juga getaran saat mobil melaju tidak menggangu performa mobil. Kemampuan ban saat mobil mengerem pun cukup kuat meskipun saat melewati jalanan basah.

Setelah anda mengetahui jenis ban yang cocok digunakan pada mobil SUV diatas, selanjutnya anda juga harus mengerti mengenai pemilihan ukuran ban tersebut. Biasanya semakin sulit jalur yang dilewati maka jenis ban yang dipilih harulah ban yang memiliki ukuran serta ketebalan yang tinggi. Sebaliknya jika kontur jalan yang dilewati baik maka pilih ban dengan ukuran dan ketebalan yang standar.

sumber: idwarta – Media Informasi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.